MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

 MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Mobil sudah berubah area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat menopang mobilitas manusia masa menjalani aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, design dengan tipe mobil udah amat beragam. Start dari family wagon dengan kata lain kini extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak akan membahas macam mobil yang ada saat ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana proses dengan perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke ruang lain dengan lbh muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan sketsa “mobil” pada 1478. Ide ini belom menerapkan mesin serta masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Menerapkan mesin uap ini dipegunakan buat membantu pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dgn kecepatan manusia saat berjalan.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Periode 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak berguna dlm sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, selagi sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan bersama setelah itu byk dipegunakan masyakarat.

Saat nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak karena bisa menghasilkan mesin yg lebih efisien dalam pemanfaatan berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih kukuh dipakai bagaikan salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menerapkan 3 roda selaku penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh mumpuni mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tidak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efisien yg sudah diproduksi mulai menerima evolusi. Masa pertama diperkenalkan, kendaraan roda 4 masa itu belum menerapkan stir bulat sebagaimana yg kita kenal masa ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yang menerapkan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan serta sebenarnya lbh menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Kendaraan Roda Empat nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai makin tinggi. Bisa sampai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yang kurang lebih 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan setinggi-tingginya kendaraan roda empat saat itu hyn 12 km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche saat menemukan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Zaman 1920
Di zaman ini, kendaraan roda 4 sudah mulai menjelma area dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih udah menjadi industri yang terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

 MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan dari mulai ukuran kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya sekadar mereka yg bermodal gede saja yg mampu bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma hanya tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 tidak lagi merasa kesepian kala berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi sumber bakal menciptakan kendaraan yang mampu bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Jeep militer tahun 1940-an
Salah satu inovasi sangat penting di era ini ialah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas digunakan bakal medan perang yang mempunyai status tanah tak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yg sekadar tinggi meski mesti menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali mampu mengembangkan globalisasi yg mereka dapatkan wkt itu. Muncul mesin dengan modern injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat kesatu yg menerapkan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior serta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda 4 ini resmi dipasarkan ke masyarakat dan mendapat sambutan sekadar positif.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan massa masa itu terhadap total karbondioksida yg terus meningkat seiring perkembangan total kendaraan yang makin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas test coba beserta diterapkan bakal mesin berbahan bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini bisa dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yg berkembang wkt itu.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Dekade 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki era yang ekstra maju. Kendaraan Roda 4 udah lama kelamaan memasyarakat dengan rancang yang ekstra compact beserta fungsional.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya desain tak lazim dan ditahbiskan sebagai kendaraan rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dgn model lebih simpel dengan tidak besar.

Sejak waktu itu, produsen kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lbh simpel.

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Era 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dengan munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dpt membantu penumpang bebas dari terluka parah waktu menerima kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

LihatTutupKomentar