MINIATUR MOBIL PAJERO

 MINIATUR MOBIL PAJERO

MINIATUR MOBIL PAJERO
Kendaraan udah menjelma bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat membantu mobilitas manusia waktu mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, tipe beserta tipe kendaraan sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain masa ini extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc bagi mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipegunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak hendak membahas macam kendaraan roda empat yang ada wkt ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana proses & perkembangan kendaraan dari abad 19 hingga memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan sketsa “mobil” pd 1478. Rencana ini belum memakaikan mesin beserta masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Menggunakan mesin uap ini diperlukan untuk menunjang pergerakan keinginan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dgn kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak substansial dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, momen sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dengan sesudahnya banyak dipegunakan masyakarat.

Masa pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karna bisa menciptakan mesin yang lebih efisien dlm penggunaan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih konsisten dipegunakan bagaikan salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan dasar bakar bensin. Menggunakan tiga roda selaku penggerak, kendaraan ini dibuat oleh cakap mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah memperluas kendaraan roda empat pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yang sudah diciptakan mulai menerima evolusi. Saat nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda empat masa itu blm memakaikan stir bulat sebagaimana yang kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg memakaikan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai bersama sebenarnya ekstra menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Mobil kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun udah mulai bertambah tinggi. Bisa sampai 15-20 km/jam. Udah lbh cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg kira-kira 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negara area Alabama, Amerika Serikat, menyekat kecepatan maksimum kendaraan roda 4 waktu itu hyn dua belas km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa menemukan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Periode 1920
Di zaman ini, kendaraan roda 4 sudah mulai berubah bagian dari kehidupan manusia. Malahan udah berubah industri yang terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.

MINIATUR MOBIL PAJERO

 MINIATUR MOBIL PAJERO

Kendaraan Roda Empat Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat bahkan banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai size kecil hingga ukuran besar. Namun, tampaknya cuman mereka yang bermodal besar saja yang bisa bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuman tinggal 44 saja pd 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pd zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi fokus bakal menciptakan kendaraan yang dpt bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Jeep militer tahun 1940-an
Salah satu inovasi terutama di era ini yakni kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas dipakai untuk medan perang yang mempunyai kondisi lahan tak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg sekadar tinggi meski wajib menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi mampu mengembangkan digital yg mereka punyai masa itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pada Januari 1951.

Mobil pertama yg menggunakan mesin injesi ini yaitu Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda 4 ini sah dipasarkan ke rakyat dan mendapat sambutan sekadar positif.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini ialah imbas dari kecemasan rakyat masa itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat seiring perkembangan nominal kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas percobaan coba dengan diterapkan buat mesin materi bakar bensin. Tapi, ide ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yg berkembang saat itu.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Zaman 1960
Historis kendaraan roda empat memasuki jaman yg lebih maju. Mobil udah makin lama memasyarakat dengan jenis yg lbh compact dengan fungsional.

MINIATUR MOBIL PAJERO
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg punya jenis enggak lazim dengan ditahbiskan sbg kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yg yakni mobil-mobil pionir dgn patron extra simpel bersama tak besar.

Sejak wkt itu, penghasil kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

MINIATUR MOBIL PAJERO
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg dpt menolong penumpang bebas dari cedera parah masa menemukan kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL PAJERO

MINIATUR MOBIL PAJERO

MINIATUR MOBIL PAJERO

LihatTutupKomentar