DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong

 DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong

DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik ialah penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sebetulnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik pertama yg diproses pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tetapi pada masa itu kendaraan roda empat listrik ini sekadar dilengkapi dgn baterai yang nggak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang dpt diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dlm perkembangan globalisasi mobil listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yg dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mempromosikan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu selesai itu barulah pd bulanan November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Beberapa 31 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton dengan John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan dengan dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.

Berkat tidak semua inovasi substansial itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda empat listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sesungguhnya merupakan insinyur yang bekerja pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif serta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan roda empat ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan listrik tercepat saat itu.

DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong

 DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan roda empat tersebut mendapatkan kapabilitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang berarti ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan yaitu seberat 750kg.

Sehabis menggunakan perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menjumpai kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan Ford T nomor satu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong
Masa Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri mobil modern wkt ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai berbahan bakar serta bujet produksi kendaraan roda empat bahan bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan enggak populer.

 DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong

DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong

DIECAST MOBIL ANTIK Cibinong

LihatTutupKomentar