DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang

 DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang

DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sesungguhnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yg diproduksi pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan tapi pada masa itu mobil listrik ini hanya dilengkapi dengan batree yang tidak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang bisa diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan utama dlm perkembangan globalisasi kendaraan listrik.

3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yg dilengkapi dengan batree yang bisa menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memperkenalkan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu sehabis itu barulah pada bln November 1818 pada perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang
Sejarah Mobil Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua bulanan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang area kanan & dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh sekitar empat puluh kilometer.

Berkat tidak semua inovasi penting itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjadi lokasi dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan bagi kesatu kalinya. Ia sebenarnya yakni insinyur yg bertugas pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dgn cara resmi dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengintroduksi kendaraan roda empat ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai kendaraan roda 4 listrik tercepat waktu itu.

DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang

 DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan tersebut memiliki penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! bahkan melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yg memperoleh berat setengah dari berat mobilnya mandiri merupakan seberat 750kg.

Selesai menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T pertama kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yakni cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan pada wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya value berbahan dasar bakar dan bujet produksi kendaraan roda empat material bakar sampai 2 kali lebih ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan mobil listrik lama kelamaan tak populer.

 DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang

DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang

DIECAST MOBIL BALAP Pegunungan Bintang

LihatTutupKomentar