DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi

 DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi

DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sebenarnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik pertama yang dibuat pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak namun pd saat itu kendaraan listrik ini cuman dilengkapi dgn batree yang tak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batere yg dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dlm perkembangan teknologi kendaraan listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dengan batree yg mampu menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu selepas itu barulah pd Tiga Puluh hari November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang daerah kanan bersama dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.

Berkat tidak semua penemuan signifikan itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai berubah wilayah dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sedianya ialah insinyur yg beroperasi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat masa itu.

DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi

 DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan mobil tsb memperoleh kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yg berarti ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! bahkan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batree yg mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri adalah seberat 750kg.

Sesudah lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T nomor satu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi
Masa Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan modern waktu ini dengan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya price bahan bakar dan budget produksi kendaraan materi bakar hingga 2 kali ekstra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin enggak populer.

 DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi

DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi

DIECAST MOBIL GRAND LIVINA Mappi

LihatTutupKomentar