MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula

 MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula

MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yaitu penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sebenarnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik nomor satu yg diciptakan pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau tetapi pd masa itu kendaraan roda empat listrik ini cuma dilengkapi dengan baterai yang tidak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yang dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dlm perkembangan modern kendaraan listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dgn baterai yg bisa menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memublikasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu sesudah itu barulah pada 30 hari November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.

MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulan berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang wilayah kanan serta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.

Berkat tdk semua penemuan utama itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sebenarnya adalah penemu yg beroperasi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dengan cara formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengiklankan kendaraan roda empat ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat waktu itu.

MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula

 MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan mobil tersebut memiliki kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang berarti ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & baterai yg mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan adalah seberat 750kg.

Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mengalami kemunduran krn dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T nomor satu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula
Masa Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini serta sekalian mempengaruhi industri mobil pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai material bakar bersama biaya produksi mobil berbahan bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tidak populer.

 MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula

MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula

MINIATUR MOBIL FORMULA 1 Bula

LihatTutupKomentar