MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya

 MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya

MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik adalah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sedianya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda empat listrik nomor satu yg diciptakan pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Bakal tapi pd wkt itu kendaraan listrik ini hanya dilengkapi dengan batree yg tidak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yg dapat diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dalam perkembangan tekno mobil listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yang dilengkapi dgn batree yang dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mempromosikan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dengan juga perahu sesudah itu barulah pada 31 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry mempromosikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang bagian kanan bersama dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh sekitar empat puluh kilometer.

Berkat beberapa penemuan bermanfaat itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjadi lokasi dari kesibukan ekonomi masa itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sebetulnya yakni insinyur yg beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara legal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengiklankan mobil ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda 4 listrik tercepat masa itu.

MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya

 MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan roda empat tsb mendapatkan kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batree yg memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri merupakan seberat 750kg.

Setelah melalui perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar pertama ini, yakni cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya value berbahan dasar bakar beserta bujet produksi kendaraan roda empat materi bakar hingga 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik semakin enggak populer.

 MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya

MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya

MINIATUR MOBIL L300 Maluku Barat Daya

LihatTutupKomentar