MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika

 MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika

MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik ialah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sedianya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik nomor satu yang diproduksi pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Bakal tetapi pada wkt itu kendaraan roda 4 listrik ini cukup dilengkapi dengan batere yg nggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang mampu diisi ulang, yg mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dlm perkembangan tekno mobil listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yg dilengkapi dgn baterai yg dpt menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menghadirkan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu sesudah itu barulah pd Tiga Puluh hari November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Nggak Semua bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry mengiklankan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang area kanan dan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.

Berkat tidak semua penemuan berarti itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma daerah dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sedianya adalah penemu yang bekerja pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara sah dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan roda empat listrik tercepat masa itu.

MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika

 MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 penerapan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan roda empat tersebut mempunyai kecakapan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yang bermakna ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batree yg mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya mandiri adalah seberat 750kg.

Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karna dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 mobil Ford T nomor satu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yakni cikal bakal industri kendaraan modern saat ini dan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya price berbahan dasar bakar dan dana produksi kendaraan roda empat berbahan dasar bakar hingga 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik semakin tak populer.

 MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika

MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika

MINIATUR MOBIL PEMADAM Timika

LihatTutupKomentar