DIECAST MOBIL HRV Pontianak

 DIECAST MOBIL HRV Pontianak

DIECAST MOBIL HRV Pontianak
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan listrik sedianya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik pertama yang dirancang pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tapi pd waktu itu kendaraan roda empat listrik ini cuman dilengkapi dengan batere yg nggak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang sanggup diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berarti dalam perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang dpt menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menginformasikan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dengan juga perahu selepas itu barulah pd bulan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL HRV Pontianak
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Sebagian 30 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton dengan John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan dan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.

Berkat sebagian inovasi esensial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma daerah dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bagi pertama kalinya. Ia sebenarnya adalah insinyur yang bertugas pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan kendaraan roda 4 ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd thn 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.

DIECAST MOBIL HRV Pontianak

 DIECAST MOBIL HRV Pontianak

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan roda 4 tersebut mendapatkan kemampuan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batree yg mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya sendiri ialah seberat 750kg.

Sesudah lewat perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menerima kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL HRV Pontianak
Saat Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar pertama ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini & sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pd saat itu. Ditambah dengan masih murahnya harga berbahan dasar bakar dengan biaya produksi kendaraan material bakar hingga 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan mobil listrik makin lama enggak populer.

 DIECAST MOBIL HRV Pontianak

DIECAST MOBIL HRV Pontianak

DIECAST MOBIL HRV Pontianak

LihatTutupKomentar