DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka

 DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka

DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan roda empat listrik sebenarnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yg diurus pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan tapi pada masa itu kendaraan roda empat listrik ini sekadar dilengkapi dgn batree yang enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang bisa diisi ulang, yg mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dalam perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik.

3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yg dilengkapi dengan baterai yg bisa menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu sesudah itu barulah pd bulanan November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua bulan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry menghadirkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan dengan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.

Berkat tdk semua penemuan bermanfaat itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjelma lokasi dari kesibukan ekonomi saat itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda empat listrik pabrikan untuk pertama kalinya. Ia sebetulnya adalah penemu yg bekerja pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dgn cara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengintroduksi kendaraan roda 4 ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pd thn 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat wkt itu.

DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka

 DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 penerapan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret bersama mobil tersebut mendapatkan kepandaian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan mentok lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yg berarti ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batere yang mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya mandiri ialah seberat 750kg.

Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mengalami kemunduran sebab dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T kesatu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar pertama ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern saat ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya value bahan bakar dan uang produksi kendaraan roda empat bahan bakar hingga 2 kali lebih ekonomis dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan enggak populer.

 DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka

DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka

DIECAST MOBIL TRUK Pulau Pramuka

LihatTutupKomentar