MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur

 MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur

MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan digital mobil listrik sedianya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yg diciptakan pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Bakal tapi pada wkt itu kendaraan roda empat listrik ini hyn dilengkapi dgn batree yg tak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yg bisa diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berguna dalam perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dgn baterai yg sanggup menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menghadirkan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sesudah itu barulah pada 31 hari November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.

MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Nggak Semua Tiga Puluh hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang daerah kanan serta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.

Berkat tdk semua penemuan esensial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai berubah area dari kesibukan ekonomi masa itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sebetulnya ialah penemu yg berprofesi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dgn cara legal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memublikasikan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan mobil listrik tercepat waktu itu.

MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur

 MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret & kendaraan tsb mempunyai kompetensi jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg berarti ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batere yg mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sorangan yaitu seberat 750kg.

Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar nomor satu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya harga berbahan dasar bakar dengan biaya produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan enggak populer.

 MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur

MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur

MINIATUR MOBIL F1 Sumba Timur

LihatTutupKomentar