MINIATUR MOBIL JOGJA Batang

 MINIATUR MOBIL JOGJA Batang

MINIATUR MOBIL JOGJA Batang
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yakni inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan listrik sesungguhnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yg diproses pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan tetapi pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini sekadar dilengkapi dengan baterai yang tidak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yg bisa diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermanfaat dalam perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yg dilengkapi dgn batree yg sanggup menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu setelah itu barulah pd 31 hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.

MINIATUR MOBIL JOGJA Batang
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Nggak Semua 31 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan bersama dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.

Berkat nggak semua penemuan penting itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai menjadi wilayah dari aktivitas ekonomi saat itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan mobil listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sedianya yakni insinyur yang bertugas pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menghasilkan lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dengan cara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan mobil ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai kendaraan roda 4 listrik tercepat masa itu.

MINIATUR MOBIL JOGJA Batang

 MINIATUR MOBIL JOGJA Batang

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 penerapan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret & kendaraan roda empat tersebut memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batree yg memperoleh berat setengah dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.

Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mengalami kemunduran karena dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda empat Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL JOGJA Batang
Masa Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar pertama ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd saat itu. Ditambah dengan masih murahnya price bahan bakar & biaya produksi kendaraan roda empat berbahan dasar bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan nggak populer.

 MINIATUR MOBIL JOGJA Batang

MINIATUR MOBIL JOGJA Batang

MINIATUR MOBIL JOGJA Batang

LihatTutupKomentar