MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang

 MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang

MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan listrik sebetulnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yg dikerjakan pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan namun pd saat itu mobil listrik ini cukup dilengkapi dengan batree yg tak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yg mampu diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.

Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan modern kendaraan roda empat listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yg mampu menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengiklankan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu selepas itu barulah pada Tiga Puluh hari November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang
Sejarah Mobil Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry menginformasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan beserta dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.

Berkat beberapa inovasi berguna itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma area dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sebenarnya yaitu insinyur yg bertugas pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menghasilkan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan mobil ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan mobil listrik tercepat saat itu.

MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang

 MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret serta kendaraan roda empat tsb mempunyai penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pd thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama baterai yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri merupakan seberat 750kg.

Selesai lewat perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menjumpai kemunduran karena dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang
Wkt Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar nomor satu ini, merupakan cikal bakal industri mobil modern waktu ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan pada masa itu. Ditambah dengan masih murahnya price material bakar serta biaya produksi kendaraan roda 4 materi bakar sampai 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik makin lama tak populer.

 MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang

MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang

MINIATUR MOBIL RUBICON Palembang

LihatTutupKomentar