MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya

 MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya

MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sebenarnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yg diproses pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak tapi pd saat itu kendaraan roda empat listrik ini semata-mata dilengkapi dgn batere yang enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yang dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan penting dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik.

3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yg dilengkapi dengan baterai yang bisa menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memperkenalkan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu sesudah itu barulah pd bulanan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.

MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa Tiga Puluh hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang daerah kanan dan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar 40 kilometer.

Berkat tidak semua penemuan bermanfaat itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjelma bagian dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan listrik pabrikan bagi kesatu kalinya. Ia sebetulnya adalah insinyur yg beroperasi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru secara resmi dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengintroduksi mobil ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana sanggup melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat wkt itu.

MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya

 MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & kendaraan tersebut mendapatkan kemahiran jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batree yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri merupakan seberat 750kg.

Sesudah melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya price bahan bakar bersama budget produksi kendaraan berbahan dasar bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tak populer.

 MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya

MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya

MINIATUR MOBIL YOGYAKARTA Kubu Raya

LihatTutupKomentar