DIECAST MOBIL COMBI Aimas

 DIECAST MOBIL COMBI Aimas

DIECAST MOBIL COMBI Aimas
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi mobil listrik sesungguhnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik kesatu yg dikerjakan pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau tetapi pd saat itu kendaraan roda 4 listrik ini semata-mata dilengkapi dengan batere yg enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yg dapat diisi ulang, yg mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dlm perkembangan tekno kendaraan listrik.

3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yang dilengkapi dengan batree yang sanggup menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu selepas itu barulah pada Tiga Puluh hari November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL COMBI Aimas
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua Tiga Puluh hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry memberitahukan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang bagian kanan & dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.

Berkat tidak semua penemuan substansial itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai berubah wilayah dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan untuk nomor satu kalinya. Ia sedianya merupakan insinyur yang bertugas pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menciptakan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara legal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mempromosikan kendaraan roda 4 ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat saat itu.

DIECAST MOBIL COMBI Aimas

 DIECAST MOBIL COMBI Aimas

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta mobil tersebut memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batree yg memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri adalah seberat 750kg.

Selepas lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL COMBI Aimas
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern wkt ini dengan sekalian mempengaruhi industri kendaraan pada saat itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai bahan bakar & budget produksi kendaraan berbahan dasar bakar hingga 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tidak populer.

 DIECAST MOBIL COMBI Aimas

DIECAST MOBIL COMBI Aimas

DIECAST MOBIL COMBI Aimas

LihatTutupKomentar