DIECAST MOBIL KATANA Lolak

 DIECAST MOBIL KATANA Lolak

DIECAST MOBIL KATANA Lolak
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik ialah penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sebenarnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik kesatu yang diproduksi pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan namun pd waktu itu mobil listrik ini cuma dilengkapi dengan baterai yang tidak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang bisa diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermanfaat dlm perkembangan teknologi kendaraan listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dengan baterai yg dpt menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menginformasikan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan test coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu sehabis itu barulah pada bln November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL KATANA Lolak
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Nggak Semua bulan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memberitahukan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan serta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.

Berkat tidak semua inovasi bernilai itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai berubah lokasi dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sedianya yaitu insinyur yang berprofesi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara legal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan mobil ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan listrik tercepat waktu itu.

DIECAST MOBIL KATANA Lolak

 DIECAST MOBIL KATANA Lolak

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 penerapan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & kendaraan roda empat tsb memperoleh kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan baterai yang memiliki berat setengah dari berat mobilnya seorang diri yakni seberat 750kg.

Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menjumpai kemunduran sebab dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL KATANA Lolak
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya harga materi bakar serta uang produksi kendaraan berbahan bakar hingga 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama tidak populer.

 DIECAST MOBIL KATANA Lolak

DIECAST MOBIL KATANA Lolak

DIECAST MOBIL KATANA Lolak

LihatTutupKomentar