DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo

 DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo

DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yaitu inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sebenarnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik pertama yang dikerjakan pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak namun pada saat itu kendaraan roda 4 listrik ini cukup dilengkapi dgn baterai yg enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yg sanggup diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dlm perkembangan modern kendaraan roda empat listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yang dilengkapi dengan batere yang dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menginformasikan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu selesai itu barulah pada Tiga Puluh hari November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua 30 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry memberitahukan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang bagian kanan & dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar 40 kilometer.

Berkat tidak semua penemuan penting itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjelma lokasi dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda 4 listrik pabrikan untuk pertama kalinya. Ia sebetulnya adalah penemu yg beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memublikasikan mobil ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan roda 4 listrik tercepat masa itu.

DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo

 DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 penggunaan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menggunakan kendaraan listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda 4 tsb memperoleh kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batere yg memiliki berat setengah dari berat mobilnya independen yaitu seberat 750kg.

Setelah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menemukan kemunduran krn dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T nomor satu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar nomor satu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini serta sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd saat itu. Ditambah dengan masih murahnya value bahan bakar & biaya produksi kendaraan roda empat berbahan dasar bakar hingga 2 kali ekstra murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan enggak populer.

 DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo

DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo

DIECAST MOBIL RMZ Panjang Jiwo

LihatTutupKomentar