MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki

 MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki

MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik ialah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan listrik sedianya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik nomor satu yg dibuat pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan tapi pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini cuma dilengkapi dengan batere yang enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang bisa diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dalam perkembangan digital kendaraan listrik.

3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yg dilengkapi dgn baterai yang bisa menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mempromosikan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda bersama juga perahu selepas itu barulah pd 31 hari November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulanan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton dan John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan & dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer.

Berkat beberapa penemuan berguna itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi saat itu. Pd thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sebenarnya merupakan penemu yg bertugas pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menciptakan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan kendaraan roda 4 ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan listrik tercepat wkt itu.

MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki

 MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 penerapan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan roda 4 tersebut mempunyai kepandaian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batere yg memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.

Selepas memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karena dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T pertama kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan modern waktu ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya price materi bakar dan biaya produksi kendaraan materi bakar sampai 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik makin lama tidak populer.

 MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki

MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki

MINIATUR MOBIL CANTER Ransiki

LihatTutupKomentar