MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan

 MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan

MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik merupakan penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik sedianya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yg dikerjakan pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal namun pada saat itu mobil listrik ini hyn dilengkapi dengan batere yg enggak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yang dapat diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dalam perkembangan digital kendaraan roda empat listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yg dilengkapi dgn baterai yg sanggup menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu sehabis itu barulah pada 31 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan
Sejarah Mobil Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Nggak Semua 31 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan serta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.

Berkat sebagian inovasi berarti itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma wilayah dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan untuk nomor satu kalinya. Ia sebetulnya ialah insinyur yg bertugas pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan kendaraan roda 4 ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat wkt itu.

MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan

 MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret beserta kendaraan roda empat tsb mempunyai kepandaian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yg berarti ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batere yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya mandiri merupakan seberat 750kg.

Selepas menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, yakni cikal bakal industri mobil modern wkt ini beserta sekaligus mempengaruhi industri mobil pada saat itu. Ditambah dengan masih murahnya price materi bakar dengan anggaran produksi kendaraan material bakar hingga 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama tidak populer.

 MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan

MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan

MINIATUR MOBIL UNICAR Kuningan

LihatTutupKomentar