TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong

 TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong

TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik merupakan penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan listrik sebetulnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik pertama yg dikerjakan pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan tapi pada masa itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yg tidak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yg bisa diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dlm perkembangan modern mobil listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dengan batree yang dpt menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu sehabis itu barulah pada 31 hari November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.

TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Sebagian 31 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memberitahukan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang wilayah kanan & dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.

Berkat sebagian penemuan berarti itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma bagian dari kesibukan ekonomi masa itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sebenarnya yakni insinyur yg bekerja pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru secara formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan kendaraan roda empat ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai kendaraan roda empat listrik tercepat waktu itu.

TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong

 TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan mobil listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan mobil tsb mempunyai kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batere yang mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.

Selesai lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menjumpai kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T pertama kali diluncurkan.

TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini beserta sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai berbahan bakar dengan budget produksi kendaraan roda empat bahan bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan enggak populer.

 TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong

TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong

TOKO MOBIL DIECAST Parigi Moutong

LihatTutupKomentar