DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan

 DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan

DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yakni penemuan digital terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan roda empat listrik sedianya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik nomor satu yang dikerjakan pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal namun pd saat itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dgn batree yang nggak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yang bisa diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dlm perkembangan modern kendaraan roda empat listrik.

3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yang dilengkapi dengan batere yg mampu menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu selesai itu barulah pd bulan November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan
Sejarah Mobil Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Tidak Semua bulan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan beserta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.

Berkat tdk semua penemuan bernilai itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjadi area dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sebenarnya adalah insinyur yang beroperasi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengintroduksi mobil ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda empat listrik tercepat waktu itu.

DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan

 DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret bersama kendaraan roda empat tersebut mempunyai kapasitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan maksimum 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yg bermakna ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! bahkan melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & baterai yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya independen yaitu seberat 750kg.

Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menemukan kemunduran karena dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar pertama ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern saat ini dengan sekaligus mempengaruhi industri mobil pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya harga berbahan dasar bakar serta biaya produksi mobil berbahan dasar bakar sampai 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik semakin tidak populer.

 DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan

DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan

DIECAST MOBIL CLASSIC Sorong Selatan

LihatTutupKomentar