DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali

DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yakni inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda empat listrik sedianya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik kesatu yg dikerjakan pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Hendak tapi pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini sekadar dilengkapi dgn baterai yg nggak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yang mampu diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dalam perkembangan digital kendaraan listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yg mampu menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda bersama juga perahu selesai itu barulah pd bln November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa 31 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton dan John Perry mempromosikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan & dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.

Berkat tdk semua penemuan primer itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi saat itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan untuk kesatu kalinya. Ia sedianya merupakan insinyur yg berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menghasilkan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan roda empat ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan listrik tercepat waktu itu.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 penerapan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret bersama mobil tersebut memperoleh kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batere yang mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya mandiri ialah seberat 750kg.

Setelah melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menerima kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya price bahan bakar serta uang produksi kendaraan roda 4 material bakar sampai 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tidak populer.

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali

DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali

DIECAST MOBIL DAN MOTOR Enarotali

LihatTutupKomentar