DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara

 DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara

DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik ialah inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan roda empat listrik sebetulnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik pertama yang diproses pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Bakal tetapi pada saat itu kendaraan roda empat listrik ini hyn dilengkapi dgn batree yang tak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yang sanggup diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yang dilengkapi dgn batree yg sanggup menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mempromosikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu setelah itu barulah pada bln November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua 31 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton dengan John Perry memublikasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang bagian kanan dan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh sekitar 40 kilometer.

Berkat tidak semua inovasi signifikan itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai berubah lokasi dari kesibukan ekonomi masa itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sebetulnya ialah penemu yang berkarya pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan roda 4 ciptaannya pada thn 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat waktu itu.

DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara

 DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 penerapan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menggunakan mobil listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret serta kendaraan tersebut memperoleh kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg bermakna ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! malahan melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batree yg memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri yaitu seberat 750kg.

Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menemukan kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T pertama kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara
Saat Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri mobil modern wkt ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd saat itu. Ditambah dengan masih murahnya price material bakar beserta dana produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan tidak populer.

 DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara

DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara

DIECAST MOBIL JADA Halmahera Utara

LihatTutupKomentar