MINIATUR MOBIL JADA Pakis

 MINIATUR MOBIL JADA Pakis

MINIATUR MOBIL JADA Pakis
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sebetulnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yg diciptakan pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau tetapi pada saat itu kendaraan roda 4 listrik ini cukup dilengkapi dgn baterai yg nggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang dapat diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermanfaat dlm perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dgn baterai yg dpt menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu selepas itu barulah pada bulanan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave mengintroduksi mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL JADA Pakis
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua bulanan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry memberitahukan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang daerah kanan dan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.

Berkat sebagian penemuan penting itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma wilayah dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sebenarnya ialah penemu yg berkarya pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menciptakan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dengan cara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan kendaraan roda empat ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yang mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat waktu itu.

MINIATUR MOBIL JADA Pakis

 MINIATUR MOBIL JADA Pakis

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 penerapan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan tersebut memperoleh kapasitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pd thn 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg bermakna ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta baterai yg mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri yaitu seberat 750kg.

Setelah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menemukan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL JADA Pakis
Saat Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan modern saat ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada masa itu. Ditambah dgn masih murahnya harga berbahan dasar bakar serta budget produksi kendaraan material bakar sampai 2 kali extra murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan enggak populer.

 MINIATUR MOBIL JADA Pakis

MINIATUR MOBIL JADA Pakis

MINIATUR MOBIL JADA Pakis

LihatTutupKomentar