DIECAST MINIATUR MOBIL Bima

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau tipe yang diproduksi memakekan petunjuk die-casting, yg bermakna lewat proses pelelehan metal alias logam bagi lantas dituang dengan dicetak serasi dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima
Bahan
Metal yang digunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yg lazim menggunakan metode die casting kebanyakan merupakan mainan design dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dpt diproses dengan pola ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yang amat bagus jika kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan pelengkap pendapatan dari menekuni pencaharian diecast ini. Lebih-Lebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dan melakukan jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima
Harga
Value juga amat bervariasi dan berat menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa diecast tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Namun bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hyn minat kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima

DIECAST MINIATUR MOBIL Bima

LihatTutupKomentar