DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama denger dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias design yg diproduksi menerapkan strategi die-casting, yg berarti menggunakan metode pelelehan metal dgn kata lain metal untuk sesudahnya dituang serta dicetak sinkron dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo
Bahan
Metal yang diperlukan biasanya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg lumrah menggunakan arahan die casting biasanya adalah mainan tipe dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dapat dirancang dengan strategi ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pada desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yg amat bagus kalo kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh pelengkap gaji dari menekuni bisnis diecast ini. Lebih-Lebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dan menjalankan jual-beli, pergantian uang di karier mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dan miring berubah tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo jenis miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Tapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast sanggup menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn minus mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuman demen kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo

DIECAST MINIATUR MOBIL Bungo

LihatTutupKomentar