DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi memakaikan program die-casting, yg bermakna menggunakan proses pelelehan logam dgn kata lain metal untuk setelah itu dituang dan dicetak sesuai dengan rupa yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Bahan
Metal yang digunakan lazimnya yakni zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum menggunakan cara die casting biasanya merupakan mainan model dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun sanggup diproses dgn aneka tips ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan price ekonomi yg amat bagus kalo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh ekstra honor dari menekuni bisnis versi mini ini. Terlebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat & memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Harga
Value juga sangat beragam bersama condong berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo model miniatur tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Namun untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast sanggup menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuman gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

LihatTutupKomentar