DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain design yang diproduksi menerapkan tata cara die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain logam bagi setelah itu dituang dengan dicetak serasi dgn model yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Bahan
Metal yang diperlukan lazimnya ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang biasa menerapkan pola die casting lazimnya yakni mainan rupa dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun sanggup diproduksi dgn aturan ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup semacam keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yg amat bagus bila kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan ekstra penghasilan dari menekuni profesi diecast ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, peredaran uang di profesi mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dapat sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Harga
Price juga amat beragam serta cenderung menjelma tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tetapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini mampu menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

LihatTutupKomentar