DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias rupa yang diproduksi memakaikan tutorial die-casting, yang bermakna memakai proses pelelehan metal alias logam buat kemudian dituang dan dicetak pantas dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Bahan
Logam yg dipakai rata-rata yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yg lazim menggunakan tutorial die casting rata-rata yaitu mainan desain dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun mampu diproduksi dgn tips ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mempunyai value ekonomi yang amat bagus bila kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan pelengkap pendapatan dari menekuni pekerjaan modeling ini. Lebih-Lebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat & menjalani jual-beli, perpindahan uang di karier mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Harga
Harga juga amat beragam dan cenderung berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo model diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Tapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling dpt menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

LihatTutupKomentar