DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi menggunakan strategi die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan logam dgn kata lain metal untuk lantas dituang beserta dicetak sesuai dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Bahan
Metal yg dipake rata-rata merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang normal menerapkan arahan die casting rata-rata yaitu mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan tips-tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa semacam keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memperoleh price ekonomi yg sangat bagus jika kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh ekstra gaji dari menekuni pencaharian modeling ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni sekadar dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, liquiditas uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual membeli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa beserta mengarah berubah tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo rupa miniatur tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Tetapi untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuman demen kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

LihatTutupKomentar