DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain jenis yang diproduksi memakaikan bimbingan die-casting, yg berarti menggunakan proses pelelehan logam dgn kata lain metal untuk setelah itu dituang serta dicetak pantas dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Bahan
Logam yg dipake kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang umum menggunakan teknik die casting lazimnya yaitu mainan jenis dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun bisa diurus dengan cara ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak concern bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang sangat bagus bila kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan tambahan penghidupan dari menekuni usaha miniatur ini. Terlebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melaksanakan jual-beli, aliran uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dpt sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Harga
Price juga sangat beragam & cenderung menjelma tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo desain modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yang satu ini. Tetapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur sanggup menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn senang kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

LihatTutupKomentar