DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi memakekan manual die-casting, yg bermakna menggunakan cara pelelehan metal dengan kata lain logam utk sesudahnya dituang serta dicetak bertimbal dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara
Bahan
Metal yg dipake lazimnya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang jamak memakaikan cara die casting kebanyakan ialah mainan tipe dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun sanggup diproses dengan cara ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi mempunyai value ekonomi yg amat bagus bila kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan lbh upah dari menekuni pencaharian miniatur ini. Bahkan banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, aliran uang di bisnis mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positif jual belanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini dapat sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara
Harga
Harga juga sangat bervariasi bersama menjurus berubah tinggi, terlebih amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika tipe miniatur tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai versi mini sanggup berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma kesenangan kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.


DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Utara

LihatTutupKomentar