DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias tipe yang diproduksi memakaikan program die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan metal alias metal untuk kemudian dituang dan dicetak setakar dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Bahan
Logam yang dipakai umumnya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa menggunakan arahan die casting lazimnya yaitu mainan tipe dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dpt diciptakan dengan tata cara ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mempunyai price ekonomi yang amat bagus k'lo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan komplemen penghasilan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat & menjalankan jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini dpt menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Harga
Harga juga sangat bervariasi bersama mengarah berubah tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design modeling tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yg satu ini. Namun untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hyn minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, semacam saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

LihatTutupKomentar