DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama denger dong merk yg pertama... karena anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakaikan tips die-casting, yg bermakna memakai operasi pelelehan metal alias metal buat kemudian dituang serta dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara
Bahan
Metal yg dipegunakan rata-rata adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang umum memakaikan bimbingan die casting lazimnya merupakan mainan jenis dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dpt diciptakan dgn bimbingan ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), namun mempunyai value ekonomi yang amat bagus kalo kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan tambahan mata pencaharian dari menekuni karier diecast ini. Sampai-Sampai byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, perputaran uang di usaha mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi baik jual membeli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara
Harga
Value juga amat bermacam-macam serta condong menjelma tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design miniatur tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Tetapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast sanggup menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Krembangan Utara

LihatTutupKomentar