DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau model yang diproduksi memakekan cara die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan logam dengan kata lain logam utk setelah itu dituang dengan dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil
Bahan
Metal yg digunakan umumnya adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim menggunakan strategi die casting umumnya adalah mainan jenis dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu diurus dengan kaidah ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup serupa keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak concern kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki price ekonomi yang amat bagus k'lo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima extra upah dari menekuni usaha modeling ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual membeli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil
Harga
Nilai juga sangat beragam serta mengarah menjelma tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo model modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling sanggup menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu merongrong kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar hobi kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangil

LihatTutupKomentar