DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi memakekan proses die-casting, yang berarti melalui prosedur pelelehan metal dgn kata lain logam bakal lalu dituang dan dicetak bertimbal dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar
Bahan
Metal yg dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang biasa menggunakan aturan die casting lazimnya yakni mainan desain dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dpt dikerjakan dengan pola ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dgn istilahnya, karna mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus kalau kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima pelengkap penghasilan dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Bahkan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, hingga dgn terlibat & melakukan jual-beli, pergantian uang di bisnis mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar
Harga
Value juga sangat berupa-rupa bersama berat berubah tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak pake merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjar

LihatTutupKomentar