DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau tipe yg diproduksi memakekan manual die-casting, yg bermakna menggunakan cara pelelehan metal atau metal bagi setelah itu dituang dengan dicetak sesuai dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yg jamak menerapkan prosedur die casting kebanyakan yaitu mainan desain dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun mampu dibuat dgn pola ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat semacam keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak concern kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki price ekonomi yang sangat bagus jika kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima lebih penghasilan dari menekuni karier miniatur ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, hingga dgn terlibat beserta memperbuat jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual belanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini sanggup sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata
Harga
Nilai juga amat bervariasi serta menjurus menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika jenis versi mini tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dapat menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata

DIECAST MINIATUR MOBIL Lembata

LihatTutupKomentar