DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau rupa yg diproduksi menerapkan aturan die-casting, yg berarti menggunakan teknik pelelehan logam dgn kata lain logam bagi lantas dituang & dicetak setakar dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor
Bahan
Logam yg dipegunakan umumnya ialah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang umum menggunakan petunjuk die casting lazimnya yakni mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun sanggup diurus dengan tutorial ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup semacam keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima extra salary dari menekuni usaha modeling ini. Terlebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dan melaksanakan jual-beli, rotasi uang di karier mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dpt mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor
Harga
Harga juga amat berupa-rupa serta mengarah menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau desain miniatur tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tapi utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini dapat menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari semata-mata demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, seperti saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Selor

LihatTutupKomentar