DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain desain yg diproduksi menggunakan tips die-casting, yang berarti memakai proses pelelehan logam alias logam bagi kemudian dituang bersama dicetak sebati dgn model yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yang lazim memakaikan langkah die casting kebanyakan merupakan mainan tipe dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dapat diciptakan dgn tips-tips ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat semacam keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan lbh penghidupan dari menekuni usaha diecast ini. Sampai-Sampai banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat serta mengerjakan jual-beli, aliran uang di profesi mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen
Harga
Value juga sangat bervariasi beserta berat berubah tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo rupa miniatur tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia senang yg 1 ini. Tapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen

DIECAST MINIATUR MOBIL Waropen

LihatTutupKomentar