DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi menggunakan kaidah die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan logam atau metal untuk kemudian dituang bersama dicetak setakar dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar
Bahan
Metal yg diperlukan umumnya yaitu zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular menerapkan manual die casting kebanyakan ialah mainan tipe dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu diproses dgn petunjuk ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat seperti keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus bila kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan ekstra pendapatan dari menekuni profesi modeling ini. Malahan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat serta menjalani jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi bagus jual membeli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dpt sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa & condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika rupa versi mini tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari semata-mata hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan aturan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar

DIECAST MINIATUR MOBIL Lontar

LihatTutupKomentar