DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau tipe yang diproduksi memakekan prosedur die-casting, yg berarti melalui proses pelelehan metal alias logam untuk lantas dituang bersama dicetak serasi dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Bahan
Logam yang digunakan rata-rata adalah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg regular memakekan aturan die casting biasanya yaitu mainan rupa dgn skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun mampu diproses dengan langkah ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu serupa keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan tambahan income dari menekuni usaha modeling ini. Sampai-Sampai byk yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini dpt mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Harga
Harga juga amat bermacam-macam dan miring berubah tinggi, malahan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Tapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast dapat menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

LihatTutupKomentar