DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau model yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan logam dgn kata lain logam buat lalu dituang & dicetak bertimbal dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Bahan
Metal yang dipegunakan umumnya yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang lazim menerapkan pola die casting lazimnya yakni mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan tata cara ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat serupa keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mempunyai harga ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan lbh penghidupan dari menekuni profesi diecast ini. Bahkan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual beli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Harga
Price juga amat bermacam-macam bersama cenderung menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau rupa diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast mampu menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengganggu kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn suka kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan arahan apa kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

LihatTutupKomentar