DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi menerapkan tata cara die-casting, yang bermakna memakai cara pelelehan logam alias logam bagi sesudahnya dituang & dicetak bertimbal dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Bahan
Metal yang dipake biasanya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg regular menggunakan cara die casting umumnya adalah mainan model dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dpt dirancang dengan manual ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu serupa keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yang amat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima lbh gaji dari menekuni bisnis diecast ini. Malahan byk yang bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dan menjalani jual-beli, perpindahan uang di bisnis mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Harga
Price juga amat berupa-rupa serta miring menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau jenis diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling bisa menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuman suka kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

LihatTutupKomentar