DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau model yg diproduksi menerapkan program die-casting, yang bermakna memakai metode pelelehan logam dengan kata lain metal bagi selanjutnya dituang & dicetak sebati dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto
Bahan
Metal yg dipakai rata-rata ialah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg jamak memakekan petunjuk die casting lazimnya ialah mainan jenis dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dapat diurus dengan teknik ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima komplemen gaji dari menekuni penghidupan versi mini ini. Terlebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat dengan menjalani jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dan cenderung berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila design miniatur tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur sanggup menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya gemar kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Siwalan Kerto

LihatTutupKomentar