DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain desain yang diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yang berarti memakai operasi pelelehan metal atau metal utk sesudahnya dituang beserta dicetak serasi dgn model yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna
Bahan
Logam yang dipegunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang jamak menggunakan kaidah die casting umumnya yaitu mainan desain dengan size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun dpt diproduksi dgn tips ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak peduli bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yg sangat bagus jika kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan tambahan mata pencaharian dari menekuni profesi miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melakukan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual beli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa serta cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila tipe versi mini tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Tapi untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna

DIECAST MINIATUR MOBIL Tahuna

LihatTutupKomentar