DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias rupa yg diproduksi menerapkan tips die-casting, yang berarti menggunakan cara pelelehan metal atau metal bakal lantas dituang beserta dicetak sinkron dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Bahan
Metal yg dipegunakan lazimnya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang umum memakekan program die casting rata-rata yaitu mainan model dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun bisa diurus dgn sistem ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt serupa keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yang amat bagus k'lo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan tambahan mata pencaharian dari menekuni bisnis modeling ini. Sampai-Sampai byk yang mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dan melakukan jual-beli, perpindahan uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual berbelanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Harga
Price juga sangat berupa-rupa serta menjurus berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa versi mini tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Namun utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini bisa menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai alias dari semata-mata demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

LihatTutupKomentar