DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau design yg diproduksi memakekan petunjuk die-casting, yang berarti memakai proses pelelehan logam dengan kata lain logam bagi selanjutnya dituang serta dicetak sinkron dengan model yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana
Bahan
Metal yang dipakai umumnya adalah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum menggunakan tata cara die casting kebanyakan merupakan mainan desain dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun mampu dirancang dengan bimbingan ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yg amat bagus kalau kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima ekstra nafkah dari menekuni profesi miniatur ini. Terlebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta melakukan jual-beli, pergantian uang di karier mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana
Harga
Harga juga sangat bervariasi & berat menjelma tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo jenis miniatur tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesukaan yang 1 ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast mampu menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar kesenangan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, seperti saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana

DIECAST MINIATUR MOBIL Jembrana

LihatTutupKomentar