DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau design yang diproduksi memakekan sistem die-casting, yang bermakna melalui teknik pelelehan metal alias logam utk setelah itu dituang beserta dicetak setakar dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano
Bahan
Logam yang diperlukan lazimnya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal memakekan program die casting biasanya adalah mainan tipe dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun dpt diproduksi dengan aneka tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus k'lo kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan extra upah dari menekuni bisnis modeling ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta mengerjakan jual-beli, pergantian uang di profesi mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs modeling yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano
Harga
Price juga sangat beragam & miring menjelma tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design diecast tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tapi utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai versi mini bisa menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano

DIECAST MINIATUR MOBIL Tondano

LihatTutupKomentar