DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & denger dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain tipe yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yg bermakna lewat metode pelelehan logam atau logam buat setelah itu dituang dan dicetak pantas dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa
Bahan
Metal yang dipegunakan umumnya yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa menerapkan prosedur die casting umumnya ialah mainan jenis dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun mampu dirancang dengan aturan ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak concern kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memiliki value ekonomi yg sangat bagus kalo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan komplemen upah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Malahan byk yang bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat serta menjalani jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual membeli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dapat sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa
Harga
Price juga sangat beragam serta condong menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo rupa diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Namun buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa

DIECAST MINIATUR MOBIL Belopa

LihatTutupKomentar