DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias design yang diproduksi memakaikan bimbingan die-casting, yang bermakna melalui sistem pelelehan logam dengan kata lain logam buat selanjutnya dituang dan dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir
Bahan
Metal yang dipakai umumnya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg lumrah memakaikan panduan die casting biasanya yakni mainan jenis dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat dibuat dgn teknik ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima ekstra penghasilan dari menekuni bisnis modeling ini. Lebih-Lebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat dan mengerjakan jual-beli, aliran uang di pencaharian mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir
Harga
Nilai juga amat bervariasi bersama berat berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika model diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yg satu ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dapat menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hanya hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Rokan Hilir

LihatTutupKomentar